Metodologi Penelitian

Tentang mata kuliah ini

Menurut World Economic Forum, kemampuan berpikir analitik dan penggunaan teknologi merupakan 2 dari 10 kemampuan yang paling dicari pada 2025. Hal ini sejalan dengan keinginan Kementerian Perindustrian untuk mengarahkan pengembangan Industri 4.0 yang menitikberatkan pada kemampuan analitis dan penggunaan teknologi komputasi. Melihat tren ke depan, Politeknik APP Jakarta merasa perlunya membekali mahasiswa dengan kemampuan yang akan tinggi permintaannya di masa depan.

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di Politeknik APP Jakarta jurusan Perdagangan Internasional. Mata kuliah ini bermaksud memberi pengenalan tentang salah satu metode penelitian yang paling sering digunakan di bidang perdagangan internasional, yaitu regresi serial waktu. Di samping itu, mata kuliah ini juga dibuat untuk mengakrabkan mahasiswa dengan Langkah-langkah menganalisis masalah dan menuliskannya dalam sebuah laporan penelitian.

Mata kuliah ini dapat dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama merupakan kelanjutan dari mata kuliah Matematika dan Statistika (PIR2213), di mana mahasiswa mempelajari karakteristik data serial waktu dan regresi serial waktu. Di akhir bagian 1, mahasiswa akan mendapatkan materi untuk melakukan regresi ARDL yang menggabungkan data cross section dan serial waktu. Setelah melewati bagian 1 ini, mahasiswa diharapkan memiliki bekal yang cukup seandainya ingin meningkatkan kemampuan teknik-teknik regresi tingkat lanjut.

Bagian kedua akan berfokus pada mempelajari bagaimana membuat sebuah laporan penelitian yang baik. Mahasiswa akan dihadapkan pada berbagai metode untuk mengasah daya kritis dan membuat sebuah pertanyaan yang tajam, relevan, dan terstruktur. Mahasiswa juga akan dibekali dengan beberapa tools untuk menulis penelitian dan mempublikasikannya dalam bentuk berbagai format, baik tulisan maupun gambar. Terakhir, bagian ke-2 ini akan mengantarkan mahasiswa kepada format penulisan tugas akhir di Politeknik APP Jakarta.

Mata kuliah ini membatasi diri untuk mengajarkan hal-hal yang terlampau teknis. Target utama dari mata kuliah ini adalah untuk mengantarkan mahasiswa ke berbagai tools yang dapat digunakan untuk kegiatan analitis dan pemanfaatan teknologi komputasi, sehingga mahasiswa dapat menangkap dengan lebih cepat ketika diajarkan menggunakan software khusus di tempat mereka bekerja.

Di samping itu, kemampuan menulis penelitian juga merupakan sebuah kemampuan yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Penelitian pada akarnya adalah kemampuan untuk memecah sebuah permasalahan secara terstruktur, menanyakan pertanyaan yang tepat, dan mencari pain point atau akar permasalahan, serta mencoba mencari pemecahannya. Karena itu, diharapkan proses menulis penelitian ini dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam mencari akar permasalahan dan mencoba mencari jawabannya.

Dikutip dari RPS:

Mata kuliah ini bermaksud memberi pengenalan tentang salah satu metode penelitian yang paling sering digunakan di bidang perdagangan internasional, yaitu regresi serial waktu. Di samping itu, mata kuliah ini juga dibuat untuk mengakrabkan mahasiswa dengan Langkah-langkah menganalisis masalah dan menuliskannya dalam sebuah laporan penelitian.

Tools

Beberapa tools yang akan digunakan di mata kuliah ini antara lain adalah R dan RStudio, perangkat lunak untuk melakukan analisis statistik. Di samping itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana menggunakan Zotero, salah satu perangkat lunak untuk membuat daftar pustaka. Mahasiswa akan menulis dengan menggunakan Quarto, salah satu document processor yang digunakan dengan RStudio, dan juga membuat akun Github, sebuah portal version control yang juga menawarkan hosting html.

Alasan utama tools ini dipilih adalah karena semuanya open source alias gratis. Meski open source, software-software ini merupakan software yang juga digunakan oleh para profesional, termasuk oleh pengajar mata kuliah ini. Di samping itu, RStudio dan R (dengan package yang tepat) memiliki bahasa yang cukup mudah dimengerti ketimbang software lain. Tools-tools ini juga dipilih sebagai dasar karena jika sudah bisa memakai tools-tools ini, mempelajari tools lainnya (misalnya Python atau Jupyter Notebook) menjadi lebih mudah.

Ada beberapa buku dan dokumentasi yang digunakan. Sebagian besar buku yang akan digunakan sebagai pengantar dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa. Untuk buku cetak (Sugiyono (2007) dan Sugiyono (2016)) dapat dibaca/dipinjam di perpustakaan Politeknik APP Jakarta.

Hal-hal yang dibutuhkan

  • Mahasiswa dianggap memahami dasar-dasar statistik dan memiliki pengetahuan soal regresi sederhana secara cross section. Kesemua kemampuan ini akan didapatkan dari mata kuliah Matematika dan Statistika yang sudah didapatkan di semester 1. Jika mahasiswa lupa, sangat disarankan untuk diingat-ingat kembali pelajaran ini, karena materi di mata kuliah Matematika dan Statistika tidak akan diulang lagi di mata kuliah ini.

  • Mahasiswa akan dianggap belum memiliki pengetahuan apapun soal menggunakan software yang akan diajarkan di mata kuliah ini. Karena itu pengajaran akan dimulai dengan sesuatu yang sangat dasar, yaitu bagaimana mencari data, mencari lokasi mengunduh, dan menginstallnya. Kemampuan membuat script atau programming akan sangat menolong, namun diasumsikan belum diajarkan.

  • Mahasiswa dianggap sudah dapat menggunakan data processing tool berbasis jendela seperti Microsoft Excel atau Google Sheet.

  • Mahasiswa diharapkan telah memiliki sebuah perangkat komputasi berbasis Windows, Mac atau Linux. Mata kuliah ini akan diajarkan dengan menggunakan Windows, namun selain proses instalasi, cara-cara penggunaan tools di mata kuliah ini akan sama saja apapun Operating System yang dipilih. Perangkat komputasi baru akan digunakan di paruh 2 perkuliahan.

  • Mahasiswa diharapkan memiliki akses terhadap internet. Internet sangat diperlukan terutama pada saat proses instalasi baik software maupun packages. Mahasiswa dapat menggunakan wifi Politeknik APP Jakarta.

Evaluasi

Mata kuliah ini akan dievaluasi dengan 3 cara:

  • Tugas kelompok
  • UTS
  • Tugas individu

Tugas kelompok akan diberikan setelah UTS dan dikumpulkan di minggu terakhir perkuliahan. Sementara itu, tugas individu akan diberikan di akhir masa kuliah, dan dikumpulkan di minggu terakhir UAS. UTS akan menguji kemampuan analitis yang didapatkan pada bagian pertama, yaitu pengetahuan tentang struktur data serial waktu dan penggunaan berbagai metode regresi serial waktu. Tugas kelompok akan mengetes kemampuan mahasiswa dalam menggunakan software dan tools visualisasi data. Tugas individu akan mengetes keseluruhan materi, di mana mahasiswa diharuskan mencari pertanyaan/permasalahan, menggunakan metode, membuat kesimpulan, dan menuliskannya dalam sebuah dokumen. Tugas individu akan memiliki keluaran yang lebih kurang seperti contoh ini. Contoh ini dapat digunakan sebagai gambaran namun tentunya akan lebih dalam untuk tugas individu.

Daftar pustaka

  • Hanck, C., Arnold, M., Gerber, A., &Schmelzer, M. (2021). Introduction to Econometrics with R. https://www.econometrics-with-r.org/ Accessed on 23 August 2022.
  • Huntington-Klein, N. (2022). The Effect: An Introduction to Research Design and Causality. https://theeffectbook.net/ Accessed on 23 August 2022.
  • Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, CV.
  • Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
  • Hyndman, R.J., & Athanasopoulos, G. (2018). Forecasting: principles and practice, 2nd edition, OTexts: Melbourne, Australia. OTexts.com/fpp2. Accessed on 23 August 2022.
  • Politeknik APP Jakarta. (2021). Buku pedoman kerja praktek dan tugas akhir Tahun 2021-2022 program studi perdagangan internasional wilayah ASEAN dan RRT. https://drive.google.com/file/d/1vO2iYydJF9qfxsE6A14O0qE4PGBfZkop/view