dan industri otomotif Indonesia
May 7, 2025
Full time lecturer at Politeknik APP Jakarta, Universitas Indonesia, and Researcher at Center for Indonesian Policy Studies.
Master in Economics at UI/VU, PhD in economics at ANU.
Focues on trade and industrial policy in Indonesia.
Ocassionally writes a blog and rants at X. Hit me @iMedkrisna.
Trump Tariff
Konteks Industri otomotif Indonesia
Ekspektasi ke depan
Pada 2 April 2025, Amerika Serikat mengumumkan “tarif resiprokal” yang didesain untuk mengurangi defisit perdagangan dengan negara-negara yang memiliki surplus perdagangan dengan AS.
Pemerintah bereaksi cukup cepat terhadap pengumuman itu, dan menawarkan akan dilakukan banyak perubahan peraturan untuk mengakomodasi keinginan tertulis AS.
Negara | Tariff (%) | Negara | Tariff (%) |
---|---|---|---|
Kamboja | 49 | Indonesia | 32 |
Laos | 48 | Malaysia | 24 |
Vietnam | 46 | Brunei | 24 |
Myanmar | 45 | Philippines | 17 |
Thailand | 37 | Singapore | 10 |
Simulasi tarif dilakukan dengan menggunakan model GTAP, sebuah model General Equilibrium ekonomi.
Shock dilakukan terhadap tarif yang dikenakan oleh AS terhadap semua negara target.
dua variabel outcome adalah perubahan output sektoral (dQ) dan perubahan ekspor sektoral (dX).
Sector | dQ | Sector | dX |
---|---|---|---|
Wearing apparel | -9.92 | Manufactures nec | -16.94 |
Manufactures | -9.70 | Wearing apparel | -16.12 |
Rubber and plastic | -5.66 | Rubber and plastic | -11.56 |
Leather products | -5.32 | Food products | -11.13 |
Textiles | -3.75 | Oil | -7.79 |
Transport equipment | 2.48 | Transport equipment | 8.23 |
Metals | 1.81 | Meat products | 7.86 |
Machinery and equipment | 1.76 | Wool, silk-worm goods | 7.80 |
Plant-based fibers | 1.74 | Dairy products | 7.55 |
Basic pharmaceutical | 1.51 | Oil seeds | 6.97 |
Tarif Trump tidak memiliki basis yang jelas, baik perhitungan maupun tujuan yang ingin dicapai.
Trump \(\neq\) The White House. Kembali “menyerang” Kanada dan Meksiko sangat mengagetkan. Can we trust him?
Industri otomotif tidak terlalu bergantung pada AS kecuali HS 8701 (traktor)
Kebijakan domestik dan nilai tukar akan menjadi faktor yang lebih penting daripada akses pasar.